Yuk Dagang

Assalamualaikum Wr. Wb.

Berdagang? Malu? kenapa? Rosulullah itu pedagang loh. Jika dilakukan sejak dini berdagang ini bisa melatih mental dan karakter. Karakter yang pasti terasah adalah keberanian dan kreativitas. Berdagang itu butuh kreativitas tinggi loh. Selain itu, melatih diri berdagang sejak dini mengasah banyak hal baik dalam diri seseorang. Rosulullah mencotohkan bagaimana kejujuran, keadilan, dan kecerdasan sangat dibutuhkan dalam berdagang ini.

Apakah saya berdagang juga? Saya memang guru, tapi kalau ada sesuatu yang menarik untuk didagangkan mengapa tidak? Bahkan saya termasuk guru yang mendukung jika ada murid yang mau berdagang. Bukan perkara uang saja, saya berpikir mental jadi pedagang itu bagus untuk dikembangkan.

Pada materi negosiasi tahun ini, saya kembali menantang siswa-siswi saya untuk menjadi pedagang. Saya minta mereka berkelompok membuat perusahaan kecil. Ini melatih kerja sama dan bersinergi. Mereka mencarai ide untuk berdagang sesuatu yang nanti bakal laku. Ini melatih kreativitas mereka serta menantang mereka mencari terobosan baru produk yang bakal laku. Mereka bebas membuat dan mendagangkan apa saja asal laku. Selesai mencipta atau memodifikasi produk mereka harus bisa membuat iklan atau brosur yang sifatnya menjual. Ini bukan materi iklan, tapi mereka harus bisa bernegosiasi dalam mengiklankan produk mereka.

Apa yang terjadi? Senang luar biasa saya.Antusiasme mereka luar biasa. Mereka happy dengan  tugas satu ini. Mereka memang harus mengeluarkan modal untuk materi ini dan saya meminta mereka untuk mengkalkulasi semua modal hingga untung yang bisa mereka dapatkan. " Cape sih Bu, tapi puas. "kata mereka.













Dari kegiatan ini ada yang berlanjut loh. Mereka jadi jualan betulan. Lumayan untuk jajan.

Kerjasama yang bagus dan baik itu semoga melatih karakter baik mereka. Yang pasti sih anak-anak di kelas jadi makin kompak satu sama lainnya.


Sampai di sini dulu cerita saya nati cerita lagi, jangan kapok ya...

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONJUNGSI TEMPORAL

Perang Majas ( Metode Permainan dalam Pembelajaran)

Asal –Usul Nama Kue Cucur (Cerita Rakyat Betawi ),