PELESIRAN SEHARI SAJA


Assalamualaikum semua,
Aku mau kasih tahu sebuah destinasi buat kamu yang mau refreshing nih. Tidak perlu menginap hanya seharian saja. Jika kamu beruntung, kamu bisa jelajahi tiga pulau sekaligus. Dan... kesempatan itu termasuk langka. Meskipun pihak travel menjanjikan akan menjelajahi tiga pulau, faktanya tidak seindah itu. Tapi, tetap tidak mengurangi keseruan kamu menjelajahi. Pulau Onrust, Pulau Cipir, dan Pulau Kelor. Dan, hatiku sedih sebab gak bisa gali-gali Pulau Kelor. Pupus sudah harapanku mendapat harta karun yang tersimpan di sana. huhuhu....
Muara Kamal ini adalah tempat pelelangan ikan yang cukup ramai. Sepanjang jalan menuju dermaga kita akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Baru kali itu aku lihat ikan lele besar sekali dijual di pinggiran jalan Muara Kamal. Segala ikan, kerang, cumi, dijual dalam jumlah besar. Nah buat yang suka banget  perlu bawa kulkash deh ke sana. hihihi...
Di Muara Kamal, kita akan brieving dan berkumpul sebelum naik perahu ke Pulau Onrust. Dan mari kita ke Onrust...

Kincir angin Belanda sebagai lambang Pulau Onrust seolah menyambut kami yang datang. Kincir ini terlihat terawat meski menurutku sih, cukup tua kincir itu. Dan beberapa bangunan di sana masih terawat sebab memang ada instansi DKI yang merawatnya.

Di Onrust, kita akan melihat sisa peninggalan karantina haji di zaman Belanda. Bangunan-bangunannya hanya sisa-sisa konon katanya dicuri oleh masyarakat sekeliling pulau. Di Onrust juga, kita akan lihat sisa peninggalan penjara di Zaman Belanda dengan replika peristiwa zaman itu.
Selain itu, di Pulau Onrust ada makam Belanda yang tersebar di beberapa tempat. Intinya, Pulau Onrust itu wisata sejarah yang memberi jejak zaman Belanda.




Dari Pulau Onrust, perjalanan kita lanjutkan ke Pulau Cipir. Di Pulau Cipir, bangunan-bangunan Belanda masih banyak yang tegak meski hanya tinggal puing-puing. Kebayang di zamannya, bangunan-bangunan itu berdiri dengan megahnya. Rumah sakit, barak penampungan haji, rumah-rumah, sistem irigasi bahkan jalan-jalan setapaknya terlihat sekali peradaban yang tidak main-main. Di zaman itu, semua bangunan terlihat kokoh bahkan sampai dua lantai. Seandainya ada  dana besar, jika Pulau Cipir ini dibangun kembali sesuai zaman itu, gak kebayang betapa indahnya dan rapinya Pulau Cipir.

Perjalanan yang cuma seharian ini sangat menakjubkan buat mereka yang suka wisata sejarah. Kamu harus nyiapin air minum yang banyak dan cemilan. Kalau mau renang pun bisa di Pulau Cipir. Kemping? apalagi. Pulau Onrust representatif buat kemping. Banyak tanah luas dan deburan ombaknya bikin kangen .

Gimana buat spot foto? bolehlah...keren juga kok...

Kalau kamu pakai travel, gak usah mikirin makan siang. Udah disiapin kok. Dan pastinya murce...seratus  ribu buat keliling Onrust, Cipir, dan makan siang? hohoho Maka nikmat Allah mana lagi yang kamu dustakan?

bye, soal Onrust dan Cipir ya...aku masih dendam nih belum kesampaian ke pulau Kelor, ngeceng di Benteng yang kayak coloseum itu....kapan coba?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONJUNGSI TEMPORAL

Perang Majas ( Metode Permainan dalam Pembelajaran)

Asal –Usul Nama Kue Cucur (Cerita Rakyat Betawi ),