Mencari Pengetahuan untuk Kehidupan Nyata (2)

                                                                        Bisnis Yuk....!


              Kembali lagi saya mau cerita tentang kelas X MIA 1. Kali ini saya akan menceritakan tentang proses belajar kemarin saat materi negosiasi. Setelah beberapa kali pertemuan saya memberi tantangan pada kelas ini untuk membuat sebuah perusahaan kecil. Tim mereka akan menjual sebuah produk yang sebelumnya mereka rencanakan. Saya beri waktu mereka berdiskusi membentuk perusahaan mereka. Siapa leadernya, apa produknya, bagaimana cara mereka akan memasarkan produk mereka dan lain-lain yang berkaitan dengan perusahaan mereka. Saya minta pada minggu depan atau pertemuan selanjutnya mereka sudah membawa semua hasil yang mereka lakukan. Hasilnya? Saya lumayan tercengang.
        Mereka mempresentasikan dengan power point perusahaan mereka, produk mereka, brosur untuk produk mereka secara bergantian.

Ini sekelumit tentang presentasi mereka.

Nama Perusahaan : Female
Label Produk : Cheesy Cup
Produk : cheesecake
Harga : Rp 10.000 nego
Definisi produk: kik keju yang gurih, lezat, dan creamy. Brosur yang mereka buat digambar tangan.





Nama Perusahaan: PT Snacky
Label Produk: Snacky Crown
Produk : Snack jagung
Harga : Rp 5.000
Definisi produk: Snack jagung ini rasanya gurih, pedas, dan renyah. Brosur yang mereka buat cukup mewah dengan tampilan yang menarik.




Nama Perusahaan : Nemevian
Label produk : REGE
produk: rempeyek gurih dan enak
harga: Rp 25.000/ kantong (nego)
Definisi produk: Rempeyek "REGE" ini dibuat dari bahan berkualitas. rasanya gurih, lezat, dan renyah. Dikemas dengan sangat menarik dan harga bisa negosiasi. Brosur yang dibuat menarik. Saat produk ini dijual respon pembeli beragam. Negosiasi pun terjadi.

Nama Perusahaan : PT Cahaya Gelap
Nama Produk : BSB
produk : Bros kain
harga : Rp 3000-5000
Definisi produk : bros kain ini dijual seharga Rp 3000-5000. Produk menarik dan cara bernegosiasi menarik.




Nama Perushaan : Produk Cokelat
Nama Produk : Boboco Tornado
Produk : biskuit cokelat manis
Harga : Rp 5000, 00 / 4 butir







          Ada dua produk lagi yang tidak sempat saya abadikan gambarnya yaitu cemilan dan masker kain. Sebagai guru saya senang bisa mengeksplor kompetensi mereka dalam bidang bisnis, saya yakin pembelajaran kali ini cukup bermanfaat buat mereka. Mereka bukan hanya belajar untuk bisnis mencari keuntungan semata. Paling tidak dengan bisnis berkelompok ini mereka dapat bersinergi satu sama lain. Bisa kerja sama secara tim dan bisa mengekspresikan ide-ide unik mereka dalam bisnis. Mereka juga bisa saling bernegosiasi dengan cara yang baik.




          Untuk beberapa saat memang kelas kami jadi sangat riuh. Serasa pasar pindah di sana. Saya biarkan kondisi itu melihat mereka menikmati negosiasi satu sama lain. Mereka juga keluar kelas saat istirahat menawarkan produk mereka. Kepsek sekolah kami pun luluh untuk membeli produk-produk mereka. 
          Saya merasakan betul antusiasme mereka kali ini. Saya sangat berharap apa yang kami kerjakan di kelas kecil kami bisa berguna bagi mereka dalam pembentukan karakter mereka.



                                                                                                         salam guru kreatif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONJUNGSI TEMPORAL

Perang Majas ( Metode Permainan dalam Pembelajaran)

Asal –Usul Nama Kue Cucur (Cerita Rakyat Betawi ),