Perang Majas ( Metode Permainan dalam Pembelajaran)






Belajar bahasa sangat menyenangkan. Itu kesan yang harus timbul tatkala siswa-siswi belajar bahasa. Entah bahasa Indonesia, Inggris atau bahasa yang lainnya.Waktu mengajarkan tentang majas di kelas, saya menggunakan teknik bermain. Pada dasarnya belajar majas itu memang menyenangkan tapi kalau begitu-begitu saja kok ya rasanya kurang buatku.
Gimana prosesnya?
1. kelas dibuat dalam kelompok. Setiap kelompok bisa terdiri dari 3-5 anggota. Setiap kelompok diberi nama negara-negara di dunia.
2. Setiap kelompok diminta menyusun beberapa kalimat majas. Kalimat bermajas ini dijadikan amunisi nantinya.
3. Secara bergantian setiap kelompok menyebutkan kalimat (amunisi) majas yang mereka buat lalu meminta kelompok negara tertentu untuk menjawab apa jenis majas yang dimaksud.
Misalnya : kelompok Rusia mengatakan " Saya ke sekolah naik kuda" dan menembak kelompok Amerika. Lalu kelompok Amerika menjawab " majas metonimia". Jika jawaban benar kelompok Amerika yang punya kesempatan menembak. Jika tidak benar, salah satu anggota kelompok negara di tawan.
4. Dalam permainan ini dibutuhkan juri, guru bisa menjadi juri.

Permainan itu cukup menarik dan menyenangkan. Terbukti anak-anak saya tidak lupa dengan main perang-perangan ini. Hati-hati mereka bisa ketagihan. Ini bisa juga dilakukan untuk materi lain loh. 


Oke, teman-temanku yang guru bahasa , nanti aku bagi lagi pengalamanku di kelas. Berbagi itu menyenangkan meskipun hanya sedikit  pengalaman, semoga berguna.


Tayangan ini adalah proses pembelajaran sinonim antonim yang caranya mirip dengan perang majas.

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONJUNGSI TEMPORAL

Asal –Usul Nama Kue Cucur (Cerita Rakyat Betawi ),